Jumat, 04 Juni 2010

Pemanfaatan TIK di SMAN 1 BANGKALAN

Pemanfatan TIK di SMAN 1 BANGKALAN

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi baik dalam hal pendidikan maupun non pendidikan. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Dalam proses pembelajaran teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kesuksesan pembelajaran tersebut. Dengan informasi kita dapat memperoleh yang kita butuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Contohnya :
      - Penggunaan internet disekolah kita saat ini telah digunakan sebagai sarana ataupun sumber mencari informasi saat ini antara lain penggunaan speedy di sekolah kita yang berada di lap computer.
      - Selain itu disekolah kita SMAN 1 BANGKALAN telah dilengkapi juga dengan fasilitas Wifi, fasilitas ini mempermudah kita untuk mengakses internet meskipun kita berada di luar Laboratorium Komputer.
Akses informasi sangatlah menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu tersedianya sarana dan prasarana komunikasi sangatlah penting dan dapat menjadi indikasi penyebaran dan penyerapan informasi oleh para siswa. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia dapat dilihat dari tersedianya sarana dan prasarana komunikasi, baik untuk komunikasi suara (audio), video maupun data.
Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi informasi pada sekolah kita telah digunakan.
Penggunaan teknologi komunikasi telah lama berada di SMAN 1 BANGKALAN misalnya :
       -  Penggunaan Proyektor untuk proses belajar mengajar. Mulai tahun lalu disetiap kelas rata rata telah tersedia alat ini dan slide-nya.
       - Selain proyektor adapun kelas tersebut yang ditambah oleh fasilitas computer. Jadi di kelas tersebut ada sebuah computer yang digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran
Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam proses belajar mengajar.

0 comments:

Posting Komentar